Blogger Berbagi Info Resep Masakan, Makanan, Minuman, Ramalan Bintang Zodiak Terkini, Info Jadwal Film XXI Bioskop, Tips Dekorasi Rumah Minimalis, Tips Android

Atap Bocor? Cek Genting Anda


Genting merupakan salah satu bagian vital dari contoh bentuk rumah minimalis. Ketidakberesan  pada genting rumah umumnya baru terdeteksi ketika turun hujan.

Jadi, bila tak mendapat perhatian ekstra, genting bisa menjadi biang kerok kebocoran pada atap. Pada akhirnya, plafon pun rusak, begitu pula furnitur dan barang-barang yang ada di dalam rumah.

Untuk mengatasinya, kenali penyebabnya dulu, baru tentukan solusinya.

Penyebab 1:
Kesalahan rancangan atau konstruksi rumah. Biasanya tingkat kemiringan atap tidak tepat, sehingga genting melorot yang menyebabkan air hujan masuk ke sela-selanya.

Solusi: 
  • Idealnya atap rumah dengan genting tanah liat memiliki sudut kemiringan antara 30 O – 40O agar air dapat mengalir dengan lancar. Untuk genting asbes, toleransi kemiringan bisa kurang dari 30 O, karena rongga antarbidang tak sebesar genting dari tanah liat.

  • Jika atap sudah dibuat terlalu landai, solusi sementara yang bisa diambil dengan menambahkan pelindung, berupa aluminium foil, plastik tebal, atau karpet yang dipasang persis di bawah genteng dan di atas reng.

  • Solusi jangka panjang bila tak mau kebocoran atap makin parah, dengan mengubah sudut kemiringan atap atau mengganti material atap. Carilah material atap yang sesuai dengan sudut kemiringan atap.

Penyebab 2:
  • Pemasangan genting yang salah dan ceroboh. Pemasangan yang tidak rapi juga bisa menyebabkan rongga pada genting, sehingga air hujan bisa masuk.
  • Pergeseran genting karena faktor alam seperti angin besar, pergerakan binatang (kucing), dll, yang menyebabkan celah untuk air hujan masuk.

Solusi: 
Rapikan dan susun kembali genting ke posisi semula sehingga tidak terdapat celah yang bisa dimasuki air.

Penyebab 3: 
Genting retak dan genting sejenis sudah tak dijual lagi.

Solusi: 
Bila genting Anda retak dan Anda tak menemukan lagi genting sejenis untuk menggantinya, bisa diakali dengan menggunakan material serat kasa dan waterproofing. Potong serat kasa seukuran bidang genting, lalu olesi dengan waterproofing.


Baca juga mengenai informasi rumah minimalis modern dari kami untuk anda dan jangan lewatkan pula untuk membaca 4 Siasat Ampuh Pajang Bingkai Foto dan Model Rumah Minimalis Terbaru




Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Atap Bocor? Cek Genting Anda

Posted by Mandy Bulles, Published at 1:26 PM.

Comments Facebook :

No comments:

Post a Comment