Blogger Berbagi Info Resep Masakan, Makanan, Minuman, Ramalan Bintang Zodiak Terkini, Info Jadwal Film XXI Bioskop, Tips Dekorasi Rumah Minimalis, Tips Android

Desain Menata Kamar Tidur Anak

Usia anak-anak adalah usia bermain, penuh dengan keceriaan dan imaginasi, Alangkah baiknya apabila mereka mempunyai kamar sendiri agar keceriaan itu dapat dituangkan dengan bebas dan penuh imaginasi di kamar tersebut. Ada banyak keuntungan anak mempunyai kamar sendiri, melatih kemandirian anak, tanggung jawab, merangsang imaginasi serta kreativitas selain menjaga privasi orang tua .

KAMAR TIDUR pada desain rumah minimalis anak selalu mempunyai desain yang khas, penuh warna dan imaginasi dan hobby anak yang dituangkan dalam interior kamar, karena dapat merangsang imaginasi, cita-cita dan menambah kecerian anak. Ide – ide bentuk ,warna dan gambar yang dituangkan dalam kamar dapat berasal dari film, komik , buku atau hasil imaginasi yang disukai oleh anak. Aplikasi warna, gambar, bentuk dan imaginasi anak dapat di aplikasikan pada




WALL PAPER

Bidang dinding rumah  merupakan bidang terluas tempat menuangkan imaginasi anak yang akan mendominasi warna kamar tidur. Biarkan anak memilih palet warna, pola atau gambar wall paper yang disukai berdasarkan imaginasi, tokoh kartun dll. Anak usia >3 tahun biasanya sudah mempunyai tokoh kartun dan imaginasi yang dilihat dari tontonan ataupun pengamatan langsung. Ada banyak pilihan wall paper untuk kamar anak, seperti tema ruang angkasa, alam, bunga, bahkan tema yang di adopsi dari film atau kartun seperti tema putri salju, kartun Mickey Mouse dll. Biasanya anak perempuan dengan laki-laki akan mempunyai kecenderungan warna yang berbeda sesuai imaginasi dan tokoh kartun kesayangannya.

STIKER& LUKISAN

Anda juga bisa mencat sendiri kamar tidur sesuai dengan warna paforit anak, untuk menambah aksen keceriaan cukup dengan menempelkan stiker yang dapat dibeli di toko kebutuhan anak atau dipesan ke ‘cutting stiker’. Stiker bisa merupakan gambar tokoh kartun, hewan, alam seperti gambar matahari, bulan, pohon dll atau dapat berupa abjad huruf atau angka berupa inisial nama anak, sambil belajar mengenal huruf dan angka. Ada kebanggaan tersendiri bagi anak dengan menempel inisial namanya karena menandakan daerah teritorypribadi anak. Pilihan kreative lainnya adalah dengan memajang lukisan atau gambar hasil karya anak dengan rapi di dinding, selain sebagai unsur dekorasi yang menarik juga akan menambah rasa percaya diri anak.

FURNITURE
Pilih furniture khusus anak sesuai dengan perkembangan usianya, ada tiga tahap perkembangan anak yaitu bayi, anak usia > 3 dan remaja. Biasanya orangtua akan memesan ukuran furniture remaja untuk anak >3 agar dapat dipakai lebih lama. Furniture untuk kelengkapan kamar anak juga tetap punya ciri khas dengan sentuhan ‘full color’ dan bentuk – bentuk yang merangsang imaginasinya. Misalnya tempat tidur yang berbentuk mobil, perahu atau pesawat. Pelengkap cover bed dan bantal juga sekarang banyak pilihan warna dan motif yang disukai anak, biarkan mereka memilihnya agar mempunyai ‘sense of belonging’ sehingga orangtua dapat mengajarkan tanggung jawab untuk memeliharanya bagi anak. Furniture perlengkapan anak antara lain; tempat tidur, lemari pakaian, meja belajar, rak dan laci menyimpan permainan anak. Pilih furniture yang kuat dan aman, hindari sudut-sudut yang runcing dan tajam pada furniture agar aman untuk bermain anak. Apabila budget anda cukup lebih baik memesan furniture satu set (customized), sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran ruang, serta akan terlihat lebih compact.

LANTAI
Ada banyak pilihan penutup lantai buat kamar anak antara lain; Keramik/granit , lantai parket atau ditutup dengan karpet. Pertimbangan utama pemilihan penutup lantai adalah untuk kenyamanan anak saat bermain diatasnya, dan maintenancenya. Lantai keramik/granit kelebihannya mudah dibersihkan tetapi kurang nyaman untuk diduduki anak karena dingin. Lantai parket nyaman untuk bermain diatasnya dan mudah untuk dibersihkan tetapi sedikit mahal, sedangkan karpet nyaman untuk anak, mempunyai pilihan warna dan motif yang menarik sesuai pilihan anak, tetapi susah untuk dibersihkan. Khusus untuk Lighting and Electrical tools dikamar anak, Pilih penerangan dengan cahaya putih yang mendekati CSR 100% agar warnawarna asli ruangan yang telah didekorasi tetap jelas dan tidak berubah warna saat lampu dinyalakan. Pilih stop kontak dan saklar on/off yang aman dan kuat agar tidak berahaya karena biasanya rasa keingin tahuan anak tinggi. Untuk lampu belajar dan alat-alat permainan lain yg membutuhkan aliran listrik pilih yang terbuat dari plastik karena plastik tidak menghantarkan arus listrik, sehingga mencegah bahaya apabila ada arus yang bocor.

Nah itulah tadi yang dapat kami sampaikan pada model konsep desain interior rumah, semoga yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan membantu anda dalam mencari ide pada rumah anda. Tentunya untuk informasi yang linnya anda jangan lupa untuk membaca Menambah Luasan Ruang Rumah Type 54 dan Desain Model Ruko Minimalis Modern 2 lantai





Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Desain Menata Kamar Tidur Anak

Posted by Mandy Bulles, Published at 11:04 AM.

Comments Facebook :

No comments:

Post a Comment