Blogger Berbagi Info Resep Masakan, Makanan, Minuman, Ramalan Bintang Zodiak Terkini, Info Jadwal Film XXI Bioskop, Tips Dekorasi Rumah Minimalis, Tips Android

Desain Rumah Yang Indah Sehat

Desain Rumah Minimalis yang indah adalah sumber kebahagian, kenyamanan dan kesehatan. Tetap seringkali tanpa kita sadari rumah merupakan penyebab utama penyakit, alergi dan cedera. Kita harus lebih teliti untuk memastikan apakah rumah kita sehat. Berikut langkah-langkah mudah untuk membuat rumah menjadi lebih sehat:


DAPUR

Tutup setiap lubang dan celah untuk menghindari masuknya serangga atau tikus berpenyakit masuk ke rumah Anda. Lap s ampai bersih bila terdapat tumpahan dan pastikan semua makanan disimpan serta ditutup dengan baik. Bila Anda berencana untuk renovasi atau mengganti peralatan makan, sebaiknya pilih material gabus atau tembaga karena kedua material ini antimikroba. Bersihkan dapur Anda dengan baik hingga tidak lembab dan noda lengket hilang untuk mencegah serangga dan jamur. Jangan menggunakan sterofoam sebagai peralatan makan karena dapat menyebabkan kanker.

KAMAR MANDI

Pastikan di dalam kamar mandi Anda memiliki sirkulasi yang baik dengan cara memasang kipas penghisap udara. Kipas ini harus dipasang ke arah luar rumah. Jangan lupa untuk mereparasi dan membersihkannya dari debu secara teratur. Sangatlah penting untuk menjaga kamar mandi tidak lembab karena kamar mandi merupakan sarang jamur berkembang biak. Lap kering kamar mandi setiap selesai digunakan. Cek secara rutin dan basmi jamur atau lumut dengan obat pembersih. Biasanya jamur dan lumut muncul di area wastafel serta di peralatan mandi. Anda dapat membuka jendela kamar mandi agar uap bisa segerra keluar. Untuk keamanan, tambahkan railing di dinding area shower dan area toilet khususnya bila terdapat penghuni lanjut usia atau anak-anak. Bila Anda menyimpan obat-obatan di kamar mandi, pastikan jauh dari jangkauan anak-anak. Jika Anda tinggal bersama dengan orang tua dan anak-anak Anda, sebaiknya pisahkan tempat penyimpanan obat yang mudah dijangkau oleh mereka dan obat yang tidak boleh di konsumsi oleh mereka. Lemari yang dilengkapi dengan kunci merupakan pilihan yang tepat.

LOTENG

Cek retak dan kebocoran pada plafon Anda. Pastikan area loteng Anda memiliki sirkulasi yang baik dan terdapat kipas bekerja dengan baik. Setiap celah harus ditutup rapat untuk mencegah serangga dan tikus masuk dari luar. Cek apakah rumah Anda menggunakan asbes yang dapat menjadi penyebab kanker. Bila asbes tidak terekspos udara maka asbes masih aman dan tidak perlu diganti.

RUANG SERVIS

Semua barang yang beracun dan berbahaya bagi anak kecil harus disimpan sebaik mungkin jauh dari jangkauan seperti cairan untuk mencuci mobil, untuk taman, pestisida dan lain-lain.

ATAP DAN SELOKAN

Cek atap Anda apakah ada genteng yang hilang atau rusak dimana dapat menjadi penyebab kebocoran atau masuknya hewan kecil. Singkirkan batang-batang pohon yang dapat merusak genteng. Bersihkan selokan dan talang Anda untuk mengeluarkan uap air dan air dari atap.

GUDANG

Susunlah rumah sehat barang-barang Anda dengan rapi dalam kotak kardus dan lengkapi dengan label, jangan asal menumpuk- nya saja. Tutup rapat-rapat kotak penyimpanan dan cek secara rutin agar tidak menjadi sarang serangga atau tikus. Simpan semua barang kimia dan berbahaya di bagian paling atas agar sulit dijangkau anak kecil.

KAMAR TIDUR DAN AREA DI DALAM RUMAH

Bersihkan secara rutin filter AC Anda. Alat deteksi asap harus dipasang diluar kamar tidur dan minimal satu buah di setiap lantai rumah Anda. Alat ini perlu di cek secara rutin, setidaknya sebulan sekali. Baterainya juga harus di tes dan diganti, bila perlu dua kali setahun. Detektor karbonmonoksida juga harus dipasang di setiap lantai rumah Anda serta di dekat setiap kamar tidur, jangan lupa untuk mengecek secara rutin. Karbonmonoksida adalah pembunuh paling berbahaya karena tidak mengeluarkan bau. Kedua detektor ini telah menyelamatkan banyak jiwa tetapi banyak rumah yang masih tidak memilikinya. Jauhkan ruangan Anda dari barang berserakan dan amankan kabeh-kabel menempel pada dinding agar tidak membuat penghuni tersandung. Tikus-tikus biasanya mencari kehangatan dan tempat berlindung dimana terdapat barang-barang berserakan. Bersihkan karpet Anda secara rutin sehingga bebas debu dan tungau yang menjadi penyebab utama alergi. Ganti karpet lama dengan yang baru atau, lebih baik lagi pamerkan lantai kayu Anda dan buang karpet Anda. Cek apakah cat dinding Anda mengandung timah. Meskipun anda telah mengecat dinding rumah anda berkali-kali, bukan berarti kandungan timah ini hilang begitu saja. Teliti dengan cermat apakah ada cat yang mengelupas berkeping-keping. Bila Anda memiliki anak kecil di rumah, Anda harus tes cat dinding Anda. Bila telah dipastikan terdapat kandungan timah di cat dinding Anda, konsultasi dan sewa jasa ahli untuk membersihkan rumah Anda secara aman. Keracunan timah tidak menimbulkan gejala yang jelas dan dapat menyebabkan kerusakan otak pada anak kecil.

Nah itulah tadi beberapa cara untuk dekorasi desain interior dan desain eksterior dalam rumah yang sehat. Tentunya untuk informasi sumber yang lainnya anda juga dapat membaca artikel yang linnya mengenai Desain Dinding Batu Bata Pada Rumah dan Konsep Desain Tangga Pada Rumah Minimalis Modern


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Desain Rumah Yang Indah Sehat

Posted by Mandy Bulles, Published at 10:54 AM.

Comments Facebook :

No comments:

Post a Comment