Blogger Berbagi Info Resep Masakan, Makanan, Minuman, Ramalan Bintang Zodiak Terkini, Info Jadwal Film XXI Bioskop, Tips Dekorasi Rumah Minimalis, Tips Android

Antibiotik Bisa Memicu Kanker Usus Besar

Antibiotik merupakan penemuan yang penting dalam upaya manusia melawan infeksi bakteri. Namun ketika terpapar antibiotik, cepat atau lambat, bakteri bisa menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut. Bukan hanya itu, antibiotik juga bisa merusak ekosistem bakteri di usus dan diduga memicu kanker usus besar.

Rusaknya keragaman bakteri usus sejak lama dikaitkan dengan risiko tinggi kanker kolorektal. Untuk mengetahui apakah ada kaitan antara konsumsi antibiotik dan kanker tersebut, para peneliti mengamati catatan medis lebih dari 22.000 pasien kanker kolorektal di Inggris dan pasien ini diikuti selama 6 tahun.

Para peneliti tidak memasukkan pasien yang punya riwayat kanker kolorektal atau penyakit peradangan usus untuk membatasi faktor-faktor yang berpengaruh pada risiko kanker.

Para peneliti lalu membandingkan jumlah antibiotik yang dikonsumsi pasien sekitar 6 bulan sebelum mereka didiagnosa kanker dengan jumlah antibiotik yang dikonsumsi 86.000 orang sehat.

Hasilnya, orang yang minum antibiotik, termasuk penisilin, quinolones dan metronidazole, risikonya sekitar 8-11 persen untuk menderita kanker. Lalu ketika dirunut hingga 10 tahun sebelum diagnosis, risiko peningkatan hanya ditemukan pada penisilin.

Tidak ditemukan kaitan antara antibiotik lain, seperti obat antivirus atau antijamur.

Penisilin meningkatkan risiko kanker usus besar karena obat ini memiliki efek pada bakteri di usus dan tidak baik dalam cara menjaga kesehatan anda. Seperti diketahui ada lebih dari 3 triliun bakteri yang hidup di usus. Bakteri tersebut sangat penting untuk fungsi pencernaan yang normal.

Mungkin itulah sekiranya informasi yang dapat admin sampaikan kepada pembaca sekalian. Semoga informasi yang telah kami berikan mengenai info kesehatan dapat membantu anda. Dan dapat juga memberikan sumber manfaat pengetahuan bagi anda. Untuk informasi yang selanjutnya anda juga jangan sampai terlewatkan untuk membaca artikel kami yang lainnya mengenai Kurangi Risiko Kanker Ginjal dengan Tomat dan Cara Diet Alami Dengan Minuman Yang Tepat


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Antibiotik Bisa Memicu Kanker Usus Besar

Posted by Mandy Bulles, Published at 8:13 PM.

Comments Facebook :

No comments:

Post a Comment