Blogger Berbagi Info Resep Masakan, Makanan, Minuman, Ramalan Bintang Zodiak Terkini, Info Jadwal Film XXI Bioskop, Tips Dekorasi Rumah Minimalis, Tips Android

Denah Rumah Minimalis Type 54

Jika dilihat dari tipenya, rumah minimalis type 54 tergolong rumah kategori sedang, artinya tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Apabila mengacu dari denah rumah minimalis type 54 dan diperinci lebih detail, rumah ini memiliki ukuran kurang lebih 54 meter persegi. Untuk ukuran panjang dan lebarnya, tergantung dari selera pemilik rumah atau mungkin juga menyesuaikan dengan luas area. Dengan sendirinya perbedaan bentuk dan model rumah juga tergantung dari selera desain arsitektur rumah yang dikehendaki.

Karena ukurannya yang tidak terlalu besar, menentukan denah untuk pembagian ruang pada rumah minimalis type 54 tentu lebih mudah dibanding rumah tipe diatasnya. Seperti biasanya, dalam konsep rumah gaya minimalis hal yang lebih diutamakan adalah pemanfaatan setiap detail ruangan dengan ukuran yang seimbang supaya mampu berfungsi secara optimal. Dalam hal ini ruangan-ruangan baku seperti ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, dapur, dan kamar mandi masih menjadi skala prioritas dari konsep rumah minimalis type 54.

Desain Rumah Minimalis Type 54/90 Modern

Contoh denah rumah minimalis type 54 dapat kita lihat dari ruang bangun rumah yag berdiri diatas lahan kurang lebih 90 meter persegi. Misalnya rumah kita bangun pada kavling sudut dengan ukuran area 11 m x 8.5 m, maka kita bisa membuat 2 fasade dibagian depan dan samping rumah. Pembuatan fasade ini untuk memberi kesan lebih luas pada bangunan rumah karena kondisi lahan kurang menguntungkan. Desain fasade sendiri dapat menyesuaikan dengan ketinggian plafon interior minimal 4 meter dari dasar bangunan.

Keterbatasan luas ruang pada rumah minimalis type 54 bisa disiasati dengan pemanfaatan ruang tengah yang didesain sebagai ruang multifungsi. Detailnya, ruang tengah bisa memiliki 3 fungsi yaitu sebagai ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan dengan konsep menyatu dan terbuka. Ketiga fungsi tersebut hanya diberi pembatas perabot atau furnitur (bukan dinding) yang sifatnya lebih ke simbolik dan memberi aksen khusus sebagai penanda dari perbedaan fungsi masing-masing ruang.

Rumah minimalis type 54 bisa dikatakan sebagai bentuk penyederhanaan dari konsep rumah minimalis gaya modern. Ciri paling mencolok dari rumah minimalis type 54 modern bisa kita lihat dari penempatan list-list profil disetiap bagian sudut atau ending, dan bagian desain atapnya. Pada bagian-bagian tersebut sedikit diberi sentuhan warna berbeda dibanding rumah tropis kebanyakan. Nuansa modern dan elegan juga terlihat dari penggunaan material batu alam yang diaplikasikan sebagai finishing pada dinding. Dengan penambahan aksen dibeberapa bagian rumah, membuat rumah minimalis type 54 tak hanya layak disebut hunian yang nyaman, tapi juga pantas menyandang predikat sebagai rumah idaman keluarga.

Denah rumah minimalis type 54 juga perlu memperhitungkan sisa luas lahan. Perhitungan secara kasar, jika luas lahan 90 meter persegi jika dikurangi luas bangunan 54 meter persegi maka masih menyisakan lahan sekitar 46 meter persegi. Sisa luas lahan tersebut bisa dimanfaatkan untuk pemanis rumah seperti taman, tempat bermain anak, atau ruang olahraga mini.

Baca juga mengenai informasi desain rumah minimalis dari kami untuk anda dan jangan lewatkan pula untuk membaca Ide Model Denah Rumah Minimalis Type 45 dan Foto Rumah Sederhana Kombinasi Unsur Budaya


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Denah Rumah Minimalis Type 54

Posted by Mandy Bulles, Published at 11:11 AM.

Comments Facebook :

No comments:

Post a Comment